Informasi Pendidikan dan Keguruan di Indonesia

Powered by Blogger.

Recent

Info

Random Post

Test Footer

Uniknya Tingkah Siswa Ketika Menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas

Ulangan kenaikan kelas merupakan evaluasi akhir yang mesti dilalui oleh siswa kelas V di semester kedua. Segala persiapan sudah dilakukan untuk menghadapi ulangan kenaikan kelas. Mulai dari mengikuti kegiatan pembelajaran tambahan hingga mengikuti les di beberapa lembaga bimbingan belajar. Tentunya ini adalah strategi yang dilakukan agar sukses ketika menghadapi ulangan kenikan kelas.

Tidak semua siswa yang selalu mempersiapkan diri mereka menjalang ulangan kenaikan kelas. Beberapa siswa di kelas V terlihat tanang dan kurang persiapan. Hal tersebut terlihat di dalam keseharian mereka. Manakala saya menemui mereka di luar sekolah. Tingkah siswa kelas V seperti siswa kebanyakan, bermain sampai lelah. Bahkan kadang ada menghabiskan waktu mereka bermain game online di warnet. Sungguh sebuah ironi dimana perhatian orang tua kepada anak mereka. Jangan hanya karena kasih sayang, malah menjerumuskan mereka. 

Perilaku siswa di luar jam sekolah kerap luput dari pantuan orang tua  di rumah. Saking sibuknya para orang tua terkadang anak melakukan aktivitas sendiri yang mereka senangi. Mungkin saja aktivitas itu kurang bermanfaat terhadap pendidikan mereka. Seperti misalnya, bermain-main terlalu lama, nongkrong di pinggir jalan, menonton televisi, bermaian vidio game, bahkan sekarang ini sudah ada anak yang aktif di media sosial. Mengingat banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan oleh sosmed itu, maka para orang tua mungkin sebaiknya mendampingi sang buah hati.

Perilaku anak menjelang Ulangan Kenaikan Kelas

Tingkah unik siswa menjelang ulangan kenaikan kelas sangat beragam. Biasanya anak yang malas sering belajar sampai ralut malam saat belajar ketika menghadapi ulangan kenaikan kelas.
Siswa akan lebih sering menghafal materi pelajaran ketika menghadapi ulangan kenaikan kelas. Mereka berusaha menghapal bukan untuk memahami. Tentunya ini bukanlah esensi sebuah kegiatan belajar yang sebenarnya. Belajar dengan menghapal hanyalah memberikan ingatan sementara saja, meskipun ada beberapa siswa yang cukup kuat di dalam mengingat materi pelajaran dengan cara menghafal tersebut.

Uniknya tingkah siswa tidak hanya dilihat dari waktu menjelang ulangan saja. Saat ulangan pun siswa kadang bersikap unik, seperti :

1. Saat ulangan siswa selalu membaca soal keras-keras. Mereka sulit sekali untuk membaca soal di dalam hati. Kondisi ini membuat suasana kelas semakin ramai. Padahal guru sudah mengingatkan berkali-kali kepada siswa untuk mengatur volume suara ketika membaca soal sehiingga suasana ulangan bisa tenang dan nyaman.

2. Saat ulangan kenaikan kelas ada saja siswa yang tidak membawa alat tulis, padahal sebelumnya guru sudah memperingati kepada siswa. Alhasil ketika ulangan berlangsung siswa bersangkutan menggunakan alat tulis yang diberikan guru.

3. Terburu-buru mengerjakan soal ulangan kenaikan kelas. Ini selalu terjadi. Dari waktu yang diberikan oleh guru sekitar 120 menit, ternyata sudah ada siswa yang menyelesaikan tugas mereka dalam waktu 40 menit, setelah di periksa ada saja kekurangan disana.

4. Siswa acapkali lupa mengisi identitas seperti nama dan no absen pada lembar kerja. Ini adalah masalah klise yang siswa lakukan saat ulangan kenaikan kelas. Mungkin anda juga mengalami hal ini.

5. Mengobrol ketika sudah selesai mengerjakan soal ulangan kenaikan kelas. Bukannya mengoreksi kembali pekerjaan yang sudah dibuat tetapi malah mengobrol dengan teman sebangku.

Demikianlah beberapa tingkah unik siswa ketika menghadapi ulangan kenaikan kelas.


Tag : Siswa
0 Komentar untuk "Uniknya Tingkah Siswa Ketika Menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas"

Kepada Yth. Pengunjung blog GATRA PENDIDIKAN, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan dan menyertakan link GATRA PENDIDIKAN

Back To Top