Informasi Pendidikan dan Keguruan di Indonesia

Powered by Blogger.

Recent

Info

Random Post

Test Footer

Cara Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan

Cara menciptakan pembelajaran yang menyenangkan - Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan merupakan tugas dan harapan semua guru. Tidak ada guru yang ingin menciptakan pembelajaran di kelasnya kurang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan tentunya akan memberikan kepuasan bagi siswa ketika mereka sedang melaksanakan kegiatan belajar. Sebelum melaksanakan pembelajaran tentunya guru sudah menyusun rencana pembelajaran dengan sangat matang. Mulai dari mempersiapkan media, metode, rencana pembelajaran dan evaluasi. Semua itu dilakukan oleh guru dengan harapan pembelajaran yang akan dilaksanakannya bisa berjalan dengan kondusif. 

CIRI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN


Sebuah pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, entah itu di dalam kelas maupun di luar kelas seharusnya selalu berpusat pada siswa. Salah satu indikator pembelajaran yang berpusat kepada siswa adalah pembelajaran yang menyenangkan kepada siswa. Ciri pembelajaran menyenangkan pastinya memberikan mampu membangkitkan motivasi siswa. Dengan pembelajaran yang menyenangkan, siswa menjadi lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran. Selanjutnya pembelajaran menyenangkan itu mampu memberikan kebebasan untuk siswa berekspresi. Bebas disini bukan dalam artian bebas melakukan apa saja. Bebas disini bermaksud memberikan siswa untuk berkembang sesuai dengan tingkat kemampuannya. Siswa yang kurang mampu mengikuti pembelajaran diberikan tuntunan agar mampu mengikuti pembelajaran sesuai dengan kemampuan mereka. 


Ciri sebuah pembelajaran yang menyenangkan di sekolah adalah adanya kegiatan bermain. Siswa khususnya siswa sekolah dasar tidak bisa lepas dari yang namanya bermain. Guru di sekolah dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan harus bisa mengintegrasikan antara mainan dengan pembelajaran. Mengintegrasikan antara bermain dengan pembelajaran akan menciptakan sebuah kombinasi yang unik di dalam belajar. Siswa tidak akan merasa berat ketika belajar. Siwa pun tidak akan merasa dipaksa untuk mengikuti dan memahami materi pembelajaran. Pembelajaran yang diselipkan sebuah permainan di dalamnya akan membuat siswa tidak akan merasakan diri mereka sedang belajar. Mereka akan lebih senang dan bila sudah menyenangi mereka pun akan haus dan menantikan pembelajaran dari diri anda.


Penting juga di pahami oleh guru. Bahwa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan tidak mesti dilakukan dengan bermain. Banyak hal-hal yang bisa guru lakukan guru sebagai upaya menyenangkan siswa ketika sedang belajar. Mulai dalam pemilihan metode pembelajaran, media pembelajaran , sikap guru, homor yang diselipkan di dalam kegiatan pembelajaran. 


Memilih metode untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan jangan hanya menggunakan satu metode saja. Tidak ada metode yang tepat untuk setiap pembelajaran. Semua metode perlu saling dikolaborasikan. Metode pembelajaran yang bisa guru kolaborasikan adalah sebagai berikut :



  • Metode ceramah
  • Metode eksperimen
  • Metode bermain peran
  • Metode karya wisata
  • Metode demonstrasi
  • Metode pemberian contoh
  • Metode karya wisata
  • Metode latihan (dril)

Semua metode tersebut bisa kita padukan dalam setiap pembelajaran sehingga mampu terwujud pembelajaran yang vareatif sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan. Misalnya saja, bila anda mengajar IPA di kelas 3 dengan materi makhluk hidup. Agar pembelajaran lebih menyenangkan, anda tidak hanya menggunakan ceramah di dalam pembelajaran di kelas. Kolaborasikan dengan metode lainnya. Untuk pembelajaran dengan materi makhluk hidup alangkah menyenangkannya kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa bila anda juga mengajak siswa anda untuk berkunjung ke kebun binatang misalnya, atau mengajak siswa anda langsung ke lingkungan sekitar untuk mengamati ciri makhluk hidup dan jenis makhluk hidup. 

Anak sekolah dasar merupakan anak yang berada pada masa perkembangan operasional konkret. Memberikan pengalaman langsung di dalam pembelajaran yang mereka alami akan membuat mereka mengingat materi yang diajarkan guru lebih melekat. Suasana belajar yang menyenangkan akan membuat mereka tidak merasakan waktu yang berjalan cukup lama. Dengan seperti itu, berapapun lamanya anda mengajak mereka belajar, pastilah mereka tidak akan bosan.


Susana lingkungan juga memberikan pengaruh di dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. 


Sama seperti anda saat makan di rumah. Bila kondisi meja makan anda kotor dan keadaan rumah anda yang amburadul bagaimana anda bisa nyaman di ketika makan. Apalagi sebuah kenyamanan ketika di rumah. 


Demikian pula dengan belajar. Sebagian besar kegiatan pembelajaran di sekolah dasar dilakukan di dalam kelas. Sehingga susana kelas juga akan ikut berpengaruh di dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Bila keadaan kelas sudah bersih, banyak terdapat pajangan, ruang kelas yang dalam kondisi baik, pencahayaan dan serkulasi udara yang baik pula, maka dipastikan kondisi tersebut akan dirasakan sangat menyenangkan bagi siswa ketika mereka mengikuti pembelajaran di kelas. Permasalahan sekarang banyak guru kelas yang masih enggan atau mungkin kebingungan di dalam menata kelasnya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. 



Tag : Guru
0 Komentar untuk "Cara Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan"

Kepada Yth. Pengunjung blog GATRA PENDIDIKAN, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan dan menyertakan link GATRA PENDIDIKAN

Back To Top