Informasi Pendidikan dan Keguruan di Indonesia

Powered by Blogger.

Recent

Info

Random Post

Test Footer

Perubahan wujud benda ( Cair, Padat, Gas ) Beserta Contohnya

Perubahan wujud benda cair, padat, gas beserta contohnya -   Perubahan wujud benda bisa terjadi karena beberapa hal yang menyebabkannya. Perubahan wujud benda tersebut memiliki nama yang berbeda-beda. Benda cair bisa berubah menjadi benda padat. Sebaliknya juga benda padat bisa mencair. Semua proses perubahan wujud tersebut merupakan sebuah contoh dari perubahan sifat benda. Ada yang bersifat tetap dan ada juga yang bersifat sementara. Sebelum lanjut tentang perubahan wujud benda cair, padat dan gas. Sebaiknya kita ketahui dahulu sifat perubahan wujud benda

Sifat perubahan wujud benda terdiri atas dua jenis. Yaitu perubahan yang bersifat sementara dan perubahan yang bersifat tetap.

Perubahan tetap adalah perubahan wujud benda yang tidak dapat kembali lagi kewujudnya semula. Perubahan wujud benda ini cukup ekstrim karena benda yang sudah berubah ke wujud yang baru tidak bisa dikembalikan lagi ke wujudnya semula. Misalnya perubahan pada semen yang sudah dicampur dengan air. Ketika semen sudah mengeras maka tidak bisa dikembalikan lagi menjadi semen berbentuk bubuk. 

Perubahan sementara adalah perubahan wujud benda yang bersifat sementara. Artinya perubahan wujud benda tersebut bisa dikembalikan ke bentiknya semula. Misalnya, air yang sudah didinginkan akan menjadi es. Ketika es dipanaskan maka bisa berubah wujud kembali menjadi air (cair ) Demikian penjelasan tentang sifat perubahan wujud benda. Selanjutnya perubahan wujud benda cair, padat dan gas.

Wujud benda di muka bumi ini ada tiga, yaitu benda yang berwujud pada, cair dan gas. Kesemua wujud benda tersebut bisa mengalami perubahan wujud. Perubahan inilah yang disebut sebagai perubahan wujud benda.

1. Perubahan wujud benda dari Padat menjadi Cair

Perubahan wujud benda padat menjadi benda cair disebut mencair. Perubahan wujud ini bersifat sementara. Karena benda yang sudah berubah wujud bisa dikembalikan ke wujudnya semula. Contoh dari mencair adalah sebagai berikut :  Es batu yang mencair, lilin yang dipanaskan. 

2. Perubahan wujud benda cair menjadi padat

Perubahan wujud benda cair menjadi padat disebut membeku. Perubahan ini terjadi pada peristiwa air yang dirubah menjadi es, lilin yang panas kemudian didinginkan, dan bisa juga campuran semen yang mulai mengeras.

3. Perubahan wujud benda cair menjadi gas

Perubahan wujud benda cair menjadi gas disebut menguap. Perbuhan wujud benda ini sering ditemui pada kegiatan kita sehari-hari. Contoh perubahan penguapan terjadi pada : Air yang terkena panas matahari, air yang kita rebus.

4. Perubahan wujud benda gas menjadi cair

Perubahan wujud benda gas menjadi cari disebut dengan mengembun/pengembunan.
Contoh pada peristiwa ini adalah ; embun yang turun di pagi hari, uap air yang ada pada tutup panci ketika kita memasak.

5. Perubahan wujud benda gas menjadi padat

Perubahan wujud benda gas menjadi padat disebut dengan mengkristasl / mendeposisi. Dalam kehidupan kita sehari-hari peristiwa ini dapat kita temukan saat kita menyemprotkan parfum ke baju, maka akan terlihat butiran-butiran kecil. 

6. Perubahan wujud benda padat menjadi gas

Perubahan wujud benda padat menjadi gas disebut menyublim. Contoh perubahan wujud ini bisa kita lihat pada peristiwa mengecilnya kapur barus yang kita taruh di lemari. Bahkan lama-kelamaan kapur barus tersebut bisa hilang. 

Setelah kita menyimak perubahan wujud benda padat berikutnya kita juga perlu mengetahui sifat benda padat, cair dan gas. Ketiga wujud benda tersebut memiliki sifat yang berbeda. Berikut akan dipaparkan tentang sifat-sifat benda (padat, cair dan gas ) antara lain :

Sifat benda padat :
1. Menempati ruang
2. Bentuknya tetap
3. Volumenya tetap
4. Memiliki berat
5. Bisa dirubah bentuknya dengan perlakuan tertentu

Sifat benda cair :
1. Menempati ruang
2. Memiliki berat
3. Volumenya bisa berubah
4. Bentuk berubah sesuai dengan tempatnya

Sifat benda gas
1. Menempati ruang
2. Memiliki berat
3. Bentuknya sesuai dengan tampatnya
4. Volume berubah


Demikianlah perubahan wujud benda cair, padat dan gas disertai dengan contohnya yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.


Tag : Guru, IPA
2 Komentar untuk "Perubahan wujud benda ( Cair, Padat, Gas ) Beserta Contohnya"

Kepada Yth. Pengunjung blog GATRA PENDIDIKAN, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan dan menyertakan link GATRA PENDIDIKAN

Back To Top