Informasi Pendidikan dan Keguruan di Indonesia

Powered by Blogger.

Recent

Info

Random Post

Test Footer

Ruang Menulis Untuk Para Penulis Pemula

Menulis merupakan sebuah aktivitas yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tentunya kemampuan ini harus memiliki persyaratan dimana si penulis sudah mampu memahami bahasa tulis, mengenal huruf dan bisa merangkainya menjadi sebuah kata. Bila kemampuan ini tidak dimiliki, jelas akan menemui kesulitan di dalam menuangkan ide kedalam sebuah tulisan.

Seringkali orang malas untuk menulis. Memang hal ini sering terlihat di kalangan masyarakat kita. Termasuk masyarakat terdidik seperti siswa, mahasiswa dan guru. Padahal kalangan ini yang sering berkecimpung di dalam kegiatan tulis menulis. Namun, wajar saja semua itu terjadi. Semua kembali kepada diri kita masing-masing. Ada yang beranggapan menulis itu adalah kegiatan yang mengasikkan, namun tidak sedikit pula yang berucap kegitan menulis hanya dilakukan oleh guru saja.

Menyalurkan hobi menulis sering terbentur oleh sarana. Tidak hanya sekedar menuliskan ide diatas kertas dengan pena, ketika kita memiliki sebuah ide dan ide tersebut sudah terwujud menjadi sebuah tulisan, maka muncul keinginan untuk menyampaikan ide tersebut kepada orang lain sehingga bisa di ketahui oleh khalayak ramai. 

Mempublikasikan kepada sebuah percetakan? 

Sebagai penulis pemula mungkin hal ini akan terasa sulit. Sebuah percetakan tentunya akan sangat selektif memilih tulisan yang layak untuk mereka terbitkan. Berbagai kreteria akan mereka lakukan untuk menyaring tulisan yang layak akan mereka terbitkan. Sebagai seorang penulis pemula, memperoleh ruang di sebuah percetakan tentunya akan sangat sulit dan berujung pada penolakan tulisan tersebut.

Jangan khawatir !

Ya, kita sebagai penulis pemula memang tidak perlu khawatir terhadap kondisi tersebut. Tulisan yang kita buat meskipun belum mampu menembus ruang percetakan paling tidak kita masih bisa menikmati tulisan kita sendiri. Media yang bisa anda gunakan untuk mempublikasikan tulisan anda tidak harus di sebuah percetakan besar, sebuah harian berita ternama atau menayangkannya di televisi cukup dengan memajangnya pada rak perpustakaan sekolah. Dengan demikian tidak hanya anda saja yang bisa membaca kembali tulisan tersebut namun seluruh warga sekolah juga akan berkesempatan membaca buah pikiran anda. 

Bila memajang di rak perpustakaan belum cukup untuk memuaskan keinginan anda untuk mempublikasikan tulisan anda. Sebagai penulis pemula anda bisa memanfaatkan jejaring internet yang sekarang sudah merambah ke segala lapisan masyarakat. 

Berbagai layanan di internet menyediakan ruang bagi anda yang memiliki hobi menulis. Banyak diantaranya tersedia secara gratis untuk anda gunakan. Bahkan umurnya pun tanpa batas, sehingga berbagai tulisan bisa anda unggah disana. 

Berikut ini ruang yang bisa digunakan oleh para penulis pemula untuk menyalurkan hobi menulisnya, diantaranya :

1. Tumblr

Ini merupakan sebuah aplikasi layanan di internet yang bisa anda akses dengan alamat www.tumblr.com. Dalam layanan tersebut anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu. Cukup mudah anda tinggal mengikuti apa form yang di tayangkan pada layanan tersebut. Di ruang tumblr inilah anda bisa mempublikasikan tulisan anda sekaligus anda akan memiliki ruang yang bisa anda akses kapan pun dan dimanapun dengan mudah. Tulisan anda pun akan abadi disini dan tidak akan dimakan rayap. Bila banyak pengunjung yang datang ke alamat anda, maka pastilah anda akan menjadi sosok yang terkenal. 

2. Bloger

Berikutnya adalah layanan dari google sebuah jejaring sosial yang memungkinkan anda mengutarakan ide dan pemikiran anda terhadap segala sesuatu hal. Sama halnya dengan tumblr, pada blogger pun anda harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah pendaftaran selesai maka anda akan memiliki sebuah ruang di blogger yang bisa anda gunakan untuk mempublikasikan tulisan anda. Selain itu tulisan anda akan abadi di ruang bloger ini sekaligus akan membuat anda terkenal bila banyak yang berminat kepada tulisan anda. Dan ujung-ujungnya akan datang banyak rezeki bila blog anda terkenal. Coba sajalah !

3. Mengikuti lomba menulis

Selain bisa dijadikan sebagai ajang untuk mengukur kemampuan menulis anda. Lomba menulis juga sekaligus akan bisa anda gunakan sebagai ruang untuk mempublikasikan tulisan anda. Tentunya pemenang sebuah tulisan di dalam lomba menulis menjadikan tulisan tersebut sangat dikenal. Hadiah pun bisa anda raih dalam ajang lomba tersebut. Walaupun kalah misalnya, anda masih tetap bisa menjadikan event tersebut sebagai ajang untuk mengembangkan kemampuan menulis. 

Nah, itulah beberapa ruang yang bisa digunakan untuk penulis pemula untuk menyalurkan hobi menulisnya. Selain sebagai media menyalurkan hobi, menulis juga bisa mendatangkan rupiah bagi anda. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Ruang Menulis Untuk Para Penulis Pemula"

Kepada Yth. Pengunjung blog GATRA PENDIDIKAN, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan dan menyertakan link GATRA PENDIDIKAN

Back To Top