Informasi Pendidikan dan Keguruan di Indonesia

Powered by Blogger.

Recent

Info

Random Post

Test Footer

Program Baru Kemendikbud Program Guru Pembelajar

Belajar merupakan kewajiban bagi setiap orang. Dengan tumbuhnya sikap untuk belajar maka akan menjadikan diri kita sebagai seorang pembelajar.  Tidak hanya seorang siswa yang mesti belajar untuk melatih kemampuan dan pengetahuan mereka selaras dengan kompetensi yang harus mereka kuasai. Namun, guru yang nota bena sebagai agen pendidikan sudah semestinya juga harus memiliki jiwa pembelajar. Dengan demikian guru menjadi seorang guru pembelajar, guru yang selalu sadar untuk belajar.

Jiwa pembelajar merupakan sebuah keinginan yang tumbuh dari dalam hati sanubari setiap orang. Menjadi seorang pembelajar akan membuat diri mereka untuk terus mengejar ilmu dan memperbaharui pengetahuan yang mereka miliki selaras dengan perkembangan jaman bahkan kalau memungkinkan agar mampu selangkah lebih maju dari yang lainnya.

Selaras dengan jiwa pembelajar yang harus tumbuh dalam diri seorang pendidik, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meluncurkan sebuah program yang mengupayakan agar terjadinya peningkatan pada kompetensi seorang guru. Program tersebut bernama Program Guru Pembelajar.

Menteri Anies menegaskan melalui Program Guru Pembelajar tersebut agar jiwa pembelajar tidak hanya dimiliki oleh seorang siswa, namun juga mesti tertanam dalam jiwa seorang pendidik dalam hal ini adalah guru. 

Tentunya di dalam pelaksanaan program guru pembelajar tersebut pastinya akan dilakukan melalui beberapa metode. Diantaranya adalah ;
  • Moda Tatap Muka
  • Moda dalam Jaringan
  • Moda Kombinasi keduanya ( Tatap muka dan dalam jaringan )
Disamping menggunakan moda atau jalur tersebut, pemerintah juga sudah memperhatikan bagaimana media yang akan digunakan di dalam menyampaikan materi tersebut. Dikutip dari berita Antaranews.com, bahwa materi dalam moda tersebut berbeda. 

Dalam moda tatap muka digunakan materi modul cetak. Moda dalam jaringan menggunakan modul, lembar kerja dan lembar informasi yang telah disusun dan akan disajikan dalam melalui media digital. Saat ini masih diikuti oleh 1.263 peserta yang nantinya akan menjadi narasumber program guru pembelajar.

Guru yang dipilih sebagai nara sumber adalah guru yang memiliki nilai Uji Kompetensi Guru diatas 80. Selain itu juga menggunakan Widyaiswara dari LPMP dan dosen dari Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Demikian info tentang program baru Kemendikbud yaitu Program Guru Pembelajar yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan pendidikan di Indonesia semakin unggul. 

Tag : Info
0 Komentar untuk "Program Baru Kemendikbud Program Guru Pembelajar"

Kepada Yth. Pengunjung blog GATRA PENDIDIKAN, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan dan menyertakan link GATRA PENDIDIKAN

Back To Top