Informasi Pendidikan dan Keguruan di Indonesia

Powered by Blogger.

Recent

Info

Random Post

Test Footer

# Inilah Pekerjaan Tambahan yang Bisa Dilakukan Guru

Inilah pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan oleh guru - Pekerjaan tambahan merupakan pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Bukan karena alasan ingin cepat kaya. Namun, hanya sebuah keinginan untuk menambah uang dapur. Pekerjaan tambahan bisa saja berawal dari mana saja. Kadang pekerjaan tambahan berawal dari hobi.

Demikian halnya dengan guru yang melakoni pekerjaan tambahan. Pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan guru tidak jauh beda dengan pekerjaan tambahan yang dilakoni oleh masyarakat pada umumnya. Mulai dari bertani, berternak. usaha dagang, hingga menjadi makelar tanah. Apapun pekerjaan tambahan anda yang terpenting jangan sampai melupakan tugas pokok anda. 


Pekerjaan tambahan yang dilakukan dengan sunguh-sunguh pastilah akan membuahkan hasil yang baik. Namun, tidak semua orang yang fokus di dalam mengerjakan pekerjaan tambahan mereka. Maka dari itu penting untuk anda memfokuskan diri untuk mengerjakan apa pekerjaan tambahan yang akan dilakoni. 


Sebagai guru tidak semua pekerjaan tambahan bisa anda lakukan. Ada beberapa guru yang mengerjakan pekerjaan tambahan hanya sekedar mengisi waktu luang, malah sampai melupakan tugas pokoknya dalam hal ini guru. 


Pilih Pekerjaan Tambahan yang Mendukung Pekerjaan Pokok


Mengapa hal ini perlu anda perhatikan. Ini jelas sekali sebab melakoni pekerjaan tambahan bisa menghilangkan  keinginan anda untuk mengerjakan tugas pokok anda. Kencederungan ini muncul manakala anda merasa nyaman dengan pekerjaan baru tersebut. Padahal pekerjaan tersebut kadang jauh hubungannya dengan tugas utama sebagai guru. 


Sebaiknya ketika anda akan melakukan pekerjaan tambahan sebaiknya pilih pekerjaan tambahan yang mendukung sebagai guru. Bila itu sulit juga untuk dihindari, maka jangan sampai anda meninggalkan pekerjaan anda sebagai guru.


Pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan guru


Adapun pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan guru tidak hanya satu saja. Meskipun satu tapi itu bisa anda kembangkan menjadi bagian-bagian lain namun tetap mendukung pekerjaan anda sebagai guru. 

Adapun pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan guru diantaranya adalah :

1. Guru Privat


Mungkin saja pekerjaan tambahan guru yang satu ini sudah lumrah dilakukan oleh para guru. Ada yang bekerja secara mandiri di rumah layaknya dokter spesialis. Ada juga guru yang bekerja di lembaga bimbingan belajar swasta yang sudah dipandang ternama. 

Semua itu sah-sah saja. Ada untung dan ruginya. Menjadi guru privat di rumah memberikan anda hak sepenuhnya atas hasil kerja anda. Anda yang berhak menentukan kapan anda bekerja. Berbeda halnya dengan bekerja pada lembaga swasta. Tentu anda akan terikat kontrak. Namun, kesemuanya itu, pekerjaan sebagai guru privat sangat mendukung tugas utama anda. Meskipun itu dilakukan di luar jam sekolah.

2. Bloger


Pekerjaan tambahan lainnya yang bisa dilakukan guru adalah sebagai bloger. Bekerja sebagai bloger tidak akan langsung mendatangkan hasil. Anda mesti harus bersabar dan mengebangkan blog anda. Apapun pekerjaan anda semua itu diperlukan sebuah ketekunan. Demikian halnya dengan bloger. Anda harus bersabar dan tekun memperbaharui informasi di blog anda. Sehingga akan mendatangkan banyak pengunjung. Bila sudah begitu maka akan mudah anda mendapatkan para pelanggan yang akan memasangkan iklan produknya di blog anda. Hasil dari semua itu tentu adalah uang. Bukankah itu sangat mudah?


3. Perancang media pembelajaran


Pekerjaan tambahan berikut ini sangat mendukung pekerjaan anda sebagai guru. Pekerjaan tambahan merancang media pembelajaran selain bisa anda jual juga akan mendukung pekerjaan anda sebagai guru. Dengan cara demikian pekerjaan tambahan anda tidak akan mengganggu tugas anda sebagai guru. Rancangan media pembelajaran pun bisa anda buat dengan berbasis teknologi informasi. Banyak program-program yang bisa anda buat dengan menggunakan teknologi android.  Pekerjaan tambahan ini tentu sangat mengasikka bagi guru. Karena bisa selalu bereksperimen dengan teknologi.


Apa yang dipaparkan diatas adalah pekerjaan tambahan yang dilakukan guru dan mendukung pekerjaan sebagai guru. Lalu apakah boleh mengambil pekerjaan lain? Tentu bisa, tidak ada salahnya anda mencoba mengerjakan pekerjaan tambahan lainnya. Apa saja itu? Berikut ini akan saya paparkan.


Pekerjaan tambahan lainnya yang bisa dilakukan guru adalah :

a. Berternak

Pekerjaan guru yang satu ini mungkin tidak banyak dilirik oleh para guru untuk mengisi waktu luangnya sehabis mengajar di sekolah. Pekerjaan ini dapat anda lakukan dengan memanfaat sedikit ruang yang ada di pekarangan anda. Hewan yang anda akan pelihara juga tidak harus banyak. Mulailah dengan beberapa ekor saja. Awalnya mungkin menggeluti pekerjaan ini terasa berat sebagai seorang guru. Namun, tidak ada salahnya anda mencoba. Apalagi menjelang hari rasa Idul Fitri, wah hewan ternak pasti laris manis.

b. Usaha kuliner

Buat anda guru yang gemar akan masak-memasak, pekerjaan tambahan ini bisa memberikan penghasilan tambahan bagi perekonomian anda. Untuk pemasaran produk anda, bisa anda lakukan di sekolah atau ketika ada kegiatan rapat guru-guru di gugus atau di kecamatan. Disana anda bisa tawarkan hasil usaha anda.

c. Bisnis online

Pekerjaan tambahan guru yang satu ini pasti sudah banyak guru yang melakukannya. Jelas, karena usaha online sangat mudah dan murah. Anda bisa melakukannya dimana dan kapan saja. Tinggal anda siapkan sebuah akun online lalu pasarkan barang dagangan anda.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan guru. Semoga bermanfaat, wasalam !
Tag : Guru
0 Komentar untuk "# Inilah Pekerjaan Tambahan yang Bisa Dilakukan Guru"

Kepada Yth. Pengunjung blog GATRA PENDIDIKAN, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan dan menyertakan link GATRA PENDIDIKAN

Back To Top