Informasi Pendidikan dan Keguruan di Indonesia

Powered by Blogger.

Recent

Info

Random Post

Test Footer

Inilah Jam Mengajar Ideal Bagi Guru Kelas

Inilah jam mengajar ideal bagi guru - Jam mengajar bagi guru kelas per minggunya adalah 24 jam pelajaran. Ini mengacu pada UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Perincian dari jam mengajar tersebut adalah sebagai berikut :

Bahasa Indonesia  =  5 jam pelajaran
Matematika  = 5 jam pelajaran
IPA = 4 jam pelajaran
IPS =  3 jam pelajaran
PKn = 2 jam pelajaran
SBK = 4 jam pelajaran
Budi Pekerti =  1 jam pelajaran
Sehingga total jam mengajar guru kelas SD menjadi  24 jam pelajaran. 

Jam mengajar ideal tersebut sesuai dengan amanat UU No.14 Tahun 2005 mengembalikan fungsi guru SD sebagai guru kelas. Di lapangan beberapa guru SD mengajar mata pelajaran, terutama di kelas-kelas tinggi. Dengan jam mengajar yang diatur sehingga bisa mencapai 24 jam pelajaran maka guru kelas SD tidak kesulitan untuk memperoleh jam mengajar. Apalagi syarat penerimaan Tunjangan Profesi Guru harus memenuhi jam mengajar 24 jam. Bila tidak konseskuensinya tunjangan profesi tidak dibayarkan.

Akibat penambahan jam mengajar bagi guru

Dengan penambahan jam mengajar tersebut guru mengalami sedikit masalah. Beban mengajar 24 jam kadang membuat guru ekstra keras di dalam bekerja. Apalagi dengan dijadikannya jam mengajar sebagai syarat di dalam menerima tunjangan sertifikasi maka guru-guru yang tidak memperoleh jam mengajar 24 jam mesti mencari jam lain di sekolah lain agar terpenuhi jam mengajar tersebut.

Selain itu juga, dengan adanya pengaturan jam mengajar guru yang wajib dipenuhi sedikit menutup peluang guru yang ingin mengabdikan ilmu yang telah diterima di perguruan tinggi seperti guru yang baru selesai menamatkan pendidikannya.

Solusi yang digunakan untuk menutupi kekurang jam mengajar guru dilakukan dengan cara mencari jam di sekolah lain dan juga mengambil materi pelajaran yang lain seperti ; membina ekstrakurikuler, kepala perpustakaan, dan pengembangan diri.




Tag : Guru
0 Komentar untuk "Inilah Jam Mengajar Ideal Bagi Guru Kelas"

Kepada Yth. Pengunjung blog GATRA PENDIDIKAN, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan dan menyertakan link GATRA PENDIDIKAN

Back To Top