Informasi Pendidikan dan Keguruan di Indonesia

Powered by Blogger.

Recent

Info

Random Post

Test Footer

Pentingnya Memperhatikan Volume Suara Ketika Mengajar

Mengajar merupakan tugas harian guru. Di dalam mewujudkan kesuksesan mengajar, tentunya dibutuhkan segudang perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan disini tidak hanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melainkan lebih dari hal tersebut, seperti : kesehatan, media, kemampuan menguasan materi, serta volume suara. 

Mengapa mesti mempersiapkan volume suara ?

Ketika kita mengajar di kelas, pastinya guru tidak akan diam. Kita lebih banyak menyampaikan materi pelajaran secara verbal. Suara guru yang kurang jelas akan mengurangi tingkat ketercapaian materi yang akan disampaikan kepada siswa. Apalagi dengan jumlah siswa di dalam satu kelas itu berjumlah lebih dari 20 orang. Jelas volume suara guru juga mesti diperhatikan. Bila sudah demikian maka salah satu faktor penentu keberhasilan guru di dalam mengajar juga dipengaruhi oleh kejelasan penyampaian materi di dalam kelas.

Suara jangan pula terlalu keras, bisa juga hal ini akan membuat anak takut. Anak di masa sekolah dasar adalah anak yang harus lebih menerima perlakuan yang penuh dengan kasih sayang. Menjadi guru di sekolah dasar apalagi mengajar di kelas rendah, volume suara harus diperhatikan. Apalagi saat anda akan mengajarkan kepada mereka bagaimana pengucapan abjad yang benar. Bila alat artikulasi anda terganggu maka siswa akan kesulitan memahami apa yang anda sampaikan. Begitu juga ketika akan mengajarkan menyanyi kepada siswa. Tentu jangan sampai nyanyian anda terdengar seperti membentak atau bahkan tidak terdengar sama sekali. 

Nah, jadi buat anda para guru yang masih dalam masa pendidikan. Cobalah ketika anda praktek mengajar perhatikan tingkat volume suara anda. 

Intinya suara anda harus jelas, keras sesuai dengan konteks dan mudah dipahami oleh anak. 

Demikian tulisan singkat kali ini.Semoga bermanfaat. Wasalam.
Tag : Guru
0 Komentar untuk "Pentingnya Memperhatikan Volume Suara Ketika Mengajar"

Kepada Yth. Pengunjung blog GATRA PENDIDIKAN, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan dan menyertakan link GATRA PENDIDIKAN

Back To Top